Teh Hijau Dapat Membantu Jantung Anda Tetap Sehat

Teh Hijau Dapat Membantu Jantung Anda Tetap Sehat
Teh Hijau Dapat Membantu Jantung Anda Tetap Sehat

Penggemar teh hijau sebenarnya bisa memiliki jantung yang lebih sehat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lancaster University dan University of Leeds di Inggris, teh hijau mengandung zat yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Biological Chemistry, menunjukkan bahwa molekul dalam teh hijau dapat membantu melindungi jantung dari atherosclerosis, sebuah plak yang menumpuk di pembuluh darah.

Jika ada penumpukan plak, lama kelamaan plak ini akan mengeras dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir berkurang.

Teh Hijau Dapat Membantu Jantung Anda Tetap Sehat
Teh Hijau Dapat Membantu Jantung Anda Tetap Sehat

Aterosklerosis dapat menyebabkan berbagai masalah jantung, salah satunya adalah penyakit jantung koroner dan stroke.

Kandungan dalam teh hijau yang dapat melindungi jantung adalah epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Konten ini memang dapat ditemukan dalam jenis teh lain seperti teh hitam dan teh putih, tetapi kandungan EGCG terbanyak ditemukan dalam daun teh hijau kering.

Fungsi konten EGCG adalah untuk mengikat apolipoprotein A-1 (apoA-1), protein yang memiliki sifat yang sama dengan plak amiloid yang ditemukan di otak penderita Alzheimer.

Dan menurut penelitian terbaru, EGCG dapat membantu mencegah aterosklerosis dengan menghilangkan apoA-1 yang menempel pada plak. ApoA-1 menyebabkan plak menjadi lebih besar dan menyumbat aliran darah.

Fungsi EGCG dalam mencegah penyakit jantung masih perlu penelitian lebih lanjut, terutama untuk mengetahui berapa banyak teh hijau yang perlu dikonsumsi sehingga jumlah EGCG dalam teh hijau dapat melindungi jantung.

Di masa depan, diharapkan penelitian ini dapat digunakan untuk memanfaatkan EGCG dalam teh hijau untuk kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply