Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui
Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Susu kedelai tidak hanya menyegarkan, tetapi juga sehat dan sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Alasan pengolahan kedelai disebut susu kedelai karena bentuk dan warnanya yang menyerupai susu.

Kandungan dalam susu kedelai adalah karbohidrat, vitamin E dan K, asam lemak esensial dan serat. Selain itu, ada protein yang bisa memenuhi nutrisi tubuh. Perubahan asam amino esensial menjadi protein bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti halnya dengan ibu menyusui, jika ibu menyusui minum susu kedelai, manfaat yang diperoleh akan disalurkan kepada si kecil.

Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui
Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Susu kedelai jelas berbeda dengan susu sapi, karena susu terbuat dari spesies tanaman. Perbedaannya bisa dilihat juga dari kandungan susu kedelai yang bebas kolesterol, rendah lemak jenuh dan tidak mengandung laktosa. Ada beberapa manfaat susu kedelai bagi ibu menyusui yang dapat meningkatkan kualitas ASI, termasuk:

Menambahkan Energi 2,9% dari susu kedelai mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi ibu menyusui. Energi ini akan membantu Moms untuk menjalani aktivitas sambil menyusui, sekaligus membentuk energi untuk metabolisme tubuh dan pergerakan bayi selama satu hari. Selain itu, susu kedelai juga baik untuk ibu menyusui yang sedang menjalankan program diet. Susu kedelai akan mempertahankan kadar lemak dalam tubuh tanpa mengurangi kebutuhan gizinya.

Meningkatkan ASI Manfaat lain dari susu kedelai bagi ibu menyusui adalah meningkatkan produksi ASI. Vitamin E yang terkandung dalam susu kedelai tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga meningkatkan hormon yang secara alami mendorong kelenjar payudara untuk menghasilkan lebih banyak susu.

Pertumbuhan otak bayi Protein dalam susu kedelai juga baik untuk pertumbuhan otak bayi. Ini juga bisa menjadi salah satu cara bagi Moms yang ingin memiliki anak yang cerdas, pemenuhan gizi dapat didukung dengan mengonsumsi susu kedelai secara teratur.

Tingkatkan daya tahan Masih dengan kandungan protein, susu kedelai juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit. Ibu harus lebih peduli dengan kesehatan bayinya, karena penyakitnya dapat dengan mudah menular ke bayi kita. Penghindaran Si Kecil dari penyakit membuat perkembangan bayinya tidak akan terhambat.

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi Selain protein, susu kedelai juga mengandung kalsium dan magnesium yang dikenal untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Didukung dengan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh bayi, sehingga mengonsumsi nutrisi dalam tubuh bayi lebih cepat.

Di sisi lain, ternyata susu kedelai juga memiliki efek samping berbahaya jika Moms atau anak-anak mengalami kanker payudara, kerusakan otak dan kelainan pada bayi. Karena itu, Moms diharapkan berhati-hati dan memperhatikan kondisi kesehatan terkait konsumsi susu kedelai.

Cara Membuat Susu Kedelai

Bahan utama susu kedelai adalah kedelai. Untuk mengolah kedelai menjadi susu cukup mudah. Ibu hanya perlu membeli kedelai dan merendamnya dalam air jeruk nipis selama satu malam. Setelah itu, cuci blender secara menyeluruh dan halus dengan campuran air 1,5 liter. Akhirnya, Moms hanya menyaring hasil blender dan bisa disajikan dengan tambahan gula sesuai selera.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply