5 Efek Buruk dari Minum Teh ketika Perut Kosong

5 Efek Buruk dari Minum Teh ketika Perut Kosong
5 Efek Buruk dari Minum Teh ketika Perut Kosong

Teh telah lama dikenal sebagai salah satu minuman yang kaya akan khasiat. Mulai dari meningkatkan energi, menenangkan saraf yang tegang, hingga menjadi ramuan penurun berat badan yang efektif.

Selain itu, teh juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Tak heran, banyak orang selalu mengonsumsi teh secara teratur.

Meskipun memiliki segudang manfaat, waktu untuk minum teh juga harus diperhatikan. Sebab, teh yang diminum saat perut kosong justru bisa menyebabkan masalah kesehatan. Apa pun?

5 Efek Buruk dari Minum Teh ketika Perut Kosong
5 Efek Buruk dari Minum Teh ketika Perut Kosong

1. Mengganggu sistem metabolisme

Mengkonsumsi teh saat perut kosong akan mengundang berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh proses metabolisme yang tidak efisien. Ini disebabkan oleh ketidakseimbangan asam dan basa di lambung karena teh diminum sebelum makan. Proses metabolisme yang terganggu akan memicu masalah kesehatan lain yang menyerang organ tubuh seperti ginjal hingga jantung.

2. Merusak enamel gigi

Jangan mengkonsumsi teh sebelum makan jika Anda tidak ingin gigi Anda menjadi rapuh dan mudah keropos. Dilansir oleh Boldsky, mengonsumsi teh tanpa makan pertama-tama akan meningkatkan asam di mulut yang disebabkan oleh bakteri yang bersarang di mulut.

Bakteri ini akan merusak gula dalam teh. Ini tentu saja menyebabkan erosi enamel atau lapisan pelindung gigi.

3. Dehidrasi

Ketika Anda bangun, tubuh Anda kehilangan sebagian besar cairannya setelah beristirahat selama 6 hingga 8 jam. Dan, mengonsumsi teh segera setelah bangun tidur akan meningkatkan risiko dehidrasi yang lebih besar.

Ini karena teh adalah diuretik yang menyebabkan tubuh memproduksi urin lebih cepat. Jika Anda ingin minum segelas teh di pagi hari, itu harus didahului dengan minum air putih dan sarapan dengan makanan bergizi terlebih dahulu.

4. Kembung dan mual

Mengkonsumsi teh ketika perut tidak diisi dengan makanan apa pun juga akan memiliki efek buruk pada aktivitas empedu di perut. Ini akan menyebabkan mual dan kembung yang tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menambahkan susu atau krim ke teh juga akan meningkatkan risiko perut kembung di pagi hari. Kandungan laktosa dalam susu akan membentuk gas yang akan mengendap di perut dan usus.

5. Menghalangi penyerapan zat besi

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membawa oksigen dan membantu pembentukan hemoglobin. Dengan mengonsumsi teh hijau di pagi hari, penyerapan zat besi yang diperoleh dari bahan makanan lain akan berkurang sehingga asupan zat besi berkurang.

Asupan zat besi yang tidak cukup akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang menyerang, salah satunya adalah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply